Hadits 2 – Dibangkitkan Sesuai Niatnya

Hadits ke 2

-tentang niat, tentara yang hendak menyerang Ka’bah yang kemudian ditenggelamkan ke dalam tanah-, masing-masing dibangkitkan sesuai niatnya-

Bab 1 dari Kitab Riyadhush Sholihin (Taman Orang-orang Sholih)

(Keikhlasan Dan Menghadhirkan Niat Dalam Segala Perbuatan, Ucapan Dan Keadaan Yang Nyata Dan Yang Samar)

Hadits ke  2

وَعَنْ أُمِّ الْمُؤْمِنِينَ أُمِّ عَبْدِ اللَّهِ عَائشَةَ رَضيَ الله عنها قالت: قال رسول الله صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم: «يَغْزُو جَيْشٌ الْكَعْبَةَ فَإِذَا كَانُوا ببيْداءَ مِنَ الأَرْضِ يُخْسَفُ بأَوَّلِهِم وَآخِرِهِمْ ». قَالَتْ : قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ ، كَيْفَ يُخْسَفُ بَأَوَّلِهِم وَآخِرِهِمْ وَفِيهِمْ أَسْوَاقُهُمْ وَمَنْ لَيْسَ مِنهُمْ ،؟ قَالَ : «يُخْسَفُ بِأَوَّلِهِم وَآخِرِهِمْ ، ثُمَّ يُبْعَثُون عَلَى نِيَّاتِهِمْ » مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ : هذا لَفْظُ الْبُخَارِيِّ .

2. Dari Ummul mu’minin yaitu ibunya Abdullah yakni Aisyah -radhiallahu ‘anha-, berkata: Saya mendengar Rasulullah -sholallahu ‘alaihi wa sallam- bersabda:

“Ada sepasukan tentera yang hendak memerangi – menghancurkan – Ka’bah, kemudian setelah mereka berada di suatu padang dari tanah lapang lalu dibenamkan -dalam tanah tadi – dengan yang pertama sampai yang terakhir dari mereka semuanya.”

Aisyah bertanya:

“Saya berkata, wahai  Rasulullah, bagaimanakah semuanya dibenamkan dari yang pertama sampai yang terakhir, sedang di antara mereka itu ada yang ‘orang-orang pasar’ (-maksudnya para pedagang-) serta ada pula orang yang tidak termasuk golongan mereka tadi (- yakni tidak berniat ikut menggempur Ka’bah) ?”

Rasulullah -sholallahu ‘alaihi wa sallam- menjawab:

“Ya, semuanya  dibenamkan dari yang pertama sampai yang terakhir, kemudian nantinya mereka itu  akan dibangkitkan (- dari masing-masing kuburnya -) sesuai  niat-niatnya sendiri.

Disepakati atas Hadis ini (Muttafaq ‘alaih) – yakni disepakati keshahihannya oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim – Lafaz di atas adalah menurut Imam Bukhari.

Iklan
Ditulis dalam Kitab Riyadhush Sholihin. Tag: , , , . Komentar Dinonaktifkan pada Hadits 2 – Dibangkitkan Sesuai Niatnya
%d blogger menyukai ini: